Rekrutmen Umum PT PLN (Persero) Tingkat S2, S1,D.IV dan D.III Tahun 2016, melalui Polban Career Expo dan Career Days UGM ke 20

PT PLN (Persero) dan anak perusahaannya merupakan perusahaan penyedia jasa kelistrikan terbesar di Indonesia. Dengan visi untuk “Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani”, PT PLN (Persero) berkomitmen untuk melistriki seluruh Nusantara. Kami percaya bahwa Potensi insani merupakan aset terbesar dan masa depan kami, karenanya kami berinvestasi besar untuk mendapatkan calon-calon pemimpin masa depan yang akan mengembangkan PT PLN (Persero) menjadi Perusahaan Kelas Dunia dan menghadapi tantangan bisnis di masa yang akan datang. Kesempatan berkarier di PT PLN (Persero) sangatlah luas karena rentang bisnis kami dari hulu sampai hilir, mulai dari Pembangkitan, Transmisi hingga Distribusi Listrik ke pelanggan serta jasa-jasa pendukungnya. Bergabunglah bersama kami!
SAYARAT PENDAFTARAN :
  • Program Studi/Konsentrasi yang dibuka :
    1. S2 :
      • Teknik Elektro Arus Kuat (Kode: S2/ELE)
      • Teknik Sipil (Kode: S2/SIP)
      • Geologi (Kode: S2/GEO)
      • Teknik Kimia (Kode: S2/KIM)
      • Teknik Mesin (Kode: S2/MES)
      • Energi Terbarukan (Kode: S2/ENE)
      • Instrumentasi (Kode: S2/ITM)
      • Informatika (Kode: S2/INF)
      • Lingkungan (Kode: S2/LIN)
      • Manajemen Proyek (Kode: S2/PRO)
      • Pemasaran (Kode: S2/PSR)
    2. S1/D.IV :
      • Teknik Elektro: Arus Kuat, Sistem Tenaga Listrik (Kode: S1/ELE)
      • Elektronika: Kendali (Bukan Telekomunikasi) (Kode: S1/ALE)
      • Teknik Industri (Kode: S1/IND)
      • Teknik Sipil (Kode: S1/SIP)
      • Teknik Mesin (Kode: S1/MES)
      • Teknik Lingkungan (Kode: S1/LIN)
      • Ilmu Hukum (Kode: S1/HKM)
      • Ilmu Komunikasi (Kode: S1/KMK)
    3. D.III :
      • Teknik Elektro: Arus Kuat, Sistem Tenaga Listrik (Kode: D.III/ELE)
      • Elektronika: Kendali (Bukan Telekomunikasi) (Kode: D.III/ALE)
      • Manajemen Pemasaran, Administrasi Niaga, Administrasi Bisnis, Administrasi Perkantoran (Kode: D.III/MAN)
      • Informatika (Kode: D.III/INF)
      • Teknik Sipil (Kode: D.III/SIP)
      • Teknik Mesin (Kode: D.III/MES)
  • Persyaratan :
    1. Status belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani Diklat Prajabatan;
    2. Diutamakan Pria;
    3. Lulus S1/D.IV atau D.III dengan batas usia:
      • S2 : Kelahiran 1988 dan sesudahnya
      • S1/D.IV : Kelahiran 1990 dan sesudahnya
      • c) D.III : Kelahiran 1992 dan sesudahnya
    4. Indeks Prestasi Komulatif (IPK):
      Kode JurusanIndeks Prestasi Komulatif (IPK)(Dalam Skala 4)
      S2/ELE, S2/SIP, S2/GEO, S2/MES, S2/KIM, S2/ENE, S2/ITM, S2/INF, S2/LIN, S2/PRO, S2/PSR, S1/IND, S1/HKM, S1/KMK, D.III/MAN, D.III/INFIPK  3.00
      S1/ELE, S1/ALE, S1/SIP, S1/MES, S1/LIN, D.III/ELE, D.III/ALE, D.III/SIP, D.III/MESIPK ≥ 2.75
      Bagi Lulusan Luar Negeri, harus melakukan konversi nilai IPK masing-masing dengan nilai IPK skala 4 (nilai 4 adalah nilai tertinggi).
  • Melakukan pendaftaran dengan urutan:
    1. Registrasi online dan menigisi biodata online secara lengkap. Periode pendaftaran online dari tanggal 20 Juli 2016 sampai tanggal 17 Agustus 2016
    2. Upload pasfoto berwarna dengan max 500 kb
    3. Mengisi biodata online secara lengkap
    4. Menyiapkan scan berkas lamaran untuk diupload yaitu:
      • Akta kelahiran asli atau fotocopy yang dilegalisasi;
      • Ijazah/ Surat Keterangan Lulus asli atau fotocopy yang dilegalisasi;
      • Transkrip nilai terakhir asli atau fotocopy yang dilegalisasi;
      • Daftar Riwayat Hidup (CV)

      Dengan ukuran masing-masing file max. 700 Kb. Peserta wajib mencetak bukti pendaftaran yang akan dikirim via email ke masing-masing peserta. Peserta datang ke Polban Career Expo 2016 pada tanggal 19 – 21 Agustus 2016 dengan membawa berkas berikut untuk diserahkan kepada panitia :
      • Fotocopy akta kelahiran yang dilegalisasi;
      • Fotocopy Ijazah / Surat Keterangan Lulus yang dilegalisasi;
      • Fotocopy Transkrip nilai terakhir yang dilegalisasi;
      • Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup
      • Bukti Pendaftaran Online
      • Selama proses seleksi, apabila terdapat ketidaksesuaian data, peserta dinyatakan GUGUR.
  • Pelamar hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) Bidang/ Jurusan sesuai tingkat pendidikan dan program studi/ bidang. Pelamar tidak dapat melamar ke jenjang yang tidak sesuai dengan ijazah yang dimiliki.
  • Pelamar tidak sedang terdaftar sebagai peserta tahapan seleksi rekrutmen PT PLN (Persero).
  • Bagi peminat yang tidak memenuhi syarat usia, jurusan, dan IPK, agar tidak melakukan pendaftaran.
  • Panggilan peserta, kelulusan tiap tahapan tes dan lokasi tes hanya akan diumumkan melalui website PLN di www.pln.co.id danwww.ecc.ft.ugm.ac.id
  • Tahapan Seleksi untuk PT PLN (Persero) meliputi:
    • Seleksi Administrasi
    • Tes Intelegensi
    • Tes Akademis dan Bahasa Inggris
    • Tes Psikologi
    • Tes Kesehatan (Kepada pelamar penyandang disabilitas, diberlakukan persyaratan khusus sesuai kebutuhan dan ketentuan yang berlaku)
    • Wawancara
    • Diklat Prajabatan
    • * Urutan tahapan seleksi dapat berubah sesuai kebutuhan PT PLN (Persero).
  • Tahapan Seleksi (dari seleksi administrasi hingga wawancara) akan dilaksanakan di Bandung.
  • Pelamar yang dinyatakan lulus Psikotes, WAJIB melengkapi berkas pendaftaran berikut. Apabila tidak dapat melengkapi berkas, maka peserta dinyatakan GUGUR. Berikut adalah berkas yang harus dikumpulkan pada saat Tes Kesehatan:
    • Surat Lamaran yang ditujukan kepada PT PLN (Persero) c.q. Kepala Divisi Pengembangan Talenta;
    • Riwayat Hidup (CV);
    • Copy akta kelahiran;
    • Copy Ijazah/ Surat Keterangan Lulus yang dilegalisasi;
    • Copy transkrip nilai terakhir yang dilegalisasi;
    • Copy KTP;
    • Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan;
    • Pas foto terbaru berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar (nama peserta ditulis di belakang foto);
    • Bagi Pelamar lulusan Luar Negeri, wajib melampirkan Surat Keterangan dari Dikti mengenai kesetaraan jenjang pendidikan dan IPK;
    • Bagi Pelamar dari lulusan program Lintas Jalur (D.III yang meneruskan ke S1/D.IV), wajib melampirkan:
      • Transkrip nilai D.III yang dilegalisasi
      • Ijazah D.III yang dilegalisasi
    • Berkas dimasukkan ke dalam map (warna hijau untuk S2, warna biru untuk S1/D.IV dan warna merah untuk D.III) sesuai urutan di atas dengan menuliskan nama dan kode yang dilamar pada cover map.

Alur Pendataran :


  1. Pelaksanaan Rekrutmen Umum Tingkat S2/S1/D.IV/D.III melalui Polban Career Expo (BANDUNG) dan melalui Career Days UGM 20 (YOGYAKARTA). Pelamar hanya diperbolehkan mendaftar di satu lokasi tes. Apabila peserta mendaftar lebih dari satu lokasi tes, otomatis peserta DIDISKUALIFIKASI.
  2. Notifikasi Pengumuman “Setelah Melakukan Registrasi, Peserta “HARUS MENCETAK BUKTI” pendaftaran yang akan dikirim via email ke masing-masing peserta yang dibawa peserta saat verifikasi berkas.
  3. Pendaftaran Online dapat dilakukan disini (Pendaftaran Online dibuka dari tanggal 20 Juli – 17 Agustus 2016)